Oleh : Relawan PINTAR | 08 November 2010
Pramuka-On Line, Belitung 08 November 2010

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Azrul Azwar mengukuhkan Satuan Karya Pramuka (Saka) Bahari Belitung  sebanyak 100 siswa di Tanjung Kelayang, Belitung tadi malam.

“Setelah mengalami mati suri kurang lebih 10 tahun, akhirnya Saka Bahari Belitung bangkit kembali dengan diadakannya pelantikan pimpinan Saka Bahari Kwartir Cabang (Kwarcab) Belitung oleh Ketua Kwarnas  Gerakan Pramuka,” kata  Pembina Andalan Nasional Bidang Bahari Subagyo Masi’in.

Saka Bahari adalah wadah bagi pramuka yang menyelenggarakan kegiatan-kegiatan nyata, produktif dan bermanfaat dalam rangka menanamkan rasa cinta dan menumbuhkembangkan sikap hidup yang berorientasi pada kebaharian.

Tujuan dibentuknya Saka Bahari adalah untuk membina dan mengembangkan anggota gerakan Pramuka agar memilki tambahan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan dan kecakapan di bidang kebaharian serta menciptakan cara berpikir yang lebih matang dalam menghadapi segala tantangan hidup secara positif, berdaya guna dan tepat guna serta bermanfaat bagi masyarakat sekitarnya.

Pimpinan Saka Bahari Belitung terdiri dari hampir seluruh unsur bahari yang ada, baik para pejabat instansi pemerintah maupun badan atau lembaga swasta yang bergerak di bidang maritim.

Mengingat keadaan dan bentuk geografis Provinsi Bangka-Belitung yang merupakan hamparan laut yang di dalamnya terdapat gugusan pulau-pulau, uniknya upacara resmi pelantikan pimpinan Saka Bahari kwarcab Belitung justru diadakan di atas hamparan pasir putih Pantai Tanjung Kelayang pada malam hari yang diwarnai deburan ombak dan desiran angin laut, tidak di dalam gedung.

Menurut Subagyo, tujuan pembentukan Saka Bahari ini adalah sebagai wadah sekaligus wahana pendidikan, pembinaan dan kegiatan pramuka khususnya pada Penegak Pandega untuk memperkenalkan, menanamkan, dan menumbuhkembangkan rasa cinta laut serta pandangan hidup yang berorientasi ke laut, disamping untuk memberikan bekal pengetahuan, kemampuan, kecakapan, dan ketrampilan serta teknologi kelautan.

Selain itu, untuk melahirkan generasi muda yang menyadari dan menghayati Indonesia sebagai negara kepulauan terbesar di muka bumi ini sekaligus sebagai negera maritim yang dua pertiga wilayahnya merupakan laut.

“Tujuan lainnya agar memiliki minat dan motivasi serta kemampuan sebagai kader penerus pembangunan nasional di bidang kelautan, dan sebagai salah satu ujung tombak kunci keberhasilan tujuan Gerakan Pramuka,” kata Subagyo. (Sumber Berita: web.bisnis.com)