Abad ke-21 adalah abad peningkatan kemajuan teknologi dan komunikasi canggih serta liberalisasi ekonomi yang tidak mengenal batas Negara, hal ini pasti berdampak positif dan negative. Dampak positif dan nengatif dari peningkatan kemajuan tersebut merupakan tantangan berat terhadap ideology, politik, ekonomi, social, budaya, pertahanan dan keamanan nasional suatu Negara. Perkembagan zaman yang ditandai dengan berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi yang semakin pesat, memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap pergaulan remaja yang kini makin tidak menentu bahkan telah menjurus arah pergaulan bebas. Peredaran narkotika dan obat-obat terlarang lainnya telah merambah ke anak usia sekolah dasar tentunya hal ini tidak bisa kita biarkan begitu saja perlu penanganan yang serius dari berbagai pihak baik pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat.
Kehadiran gerakan pramuka sebagai wadah pendidikan bagi anak-anak dan pemuda diluar pendidikan keluarga dan lingkungan sekolah. Diharapkan mampu untuk mengatasi segalah problematika remaja saat ini. Dengan memberikan pendidikan yang menarik dan menantang bagi kalangan remaja saat ini. Pendidikan gerakan pramuka yang dilaksanakan melalui kepramukaan untuk mencapai tujuannya adalah proses pendidikan dalam bentuk kegiatan menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah dan praktis ysng dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar dan metode kepramukaan yang sasaran akhirnya adalah pembentukan adalah pembentukan watak.
Pendidikan dalam gerakan pramuka dimaksudkan dan diartikan secara luas sebagai suatu proses pembinaan sepanjang hayat yang berkesinambungan atas peserta didik baik individu maupun sebagai anggota masyarakat. Dengan sasaran menjadikan mereka sebagai seorang yang mandiri, kreatif, peduli, bertanggung jawab dan berpegang teguh pada nilai dan norma masyarakat. Pelasanaan pedidikan dalam gerakan pramuka dilakukan dengan harapan para peserta didik akan timbul kesadaran bahwa yang dihasilkan dalam proses pendidikan adalah adanya peningkatan pada biddang mental, spiritual, fisik, intelektual, dan social. Pendidikan lewat kepramukaan pada hakekatnya dilakukan oleh peserta didik sendiri karena peserta didik difungsikan oleh pembinanya sebagai subjek pendidikan, merekalah yang merencanakan kegiatan dan mereka pulalah yang melaksanakannya, sedang pembinanya berfungsi sebagai pembimbing, fasilitator, konsultan dan pemasok metode apa yang tepat pada masing-masing acara kegiatan tersebut.
Disamping itu, gerakan pramuka menggunakan pertemuan rutin sebagai alat pendidikan untuk mencapai tujuan gerakan pramuka. Proses pendidikan terjadi pada pertemuan yang interaktif dan komunikatif antara 2 orang atau lebih. Pertemuan interaktif dan komunikatif yang bersifat edukatif dalam gerakan pramuka adalah kepramukaan yang dilaksanakan berkesinambungan, teratur, terarah dan terencana, oleh dan untuk peserta didik dengan dukungan orang dewasa.
Proses belajar sendiri yang progresif (Maju dan meningkat) bagi kaum mudah untuk mengembangkan diri pribadi yang seutuhnya, yaitu adanya pengembangan mental/spiritual, moral, fisik, intelektual, emosi dan social yang akan sangat bermanfaat bagi diri mereka baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. System pembinaan dan pengembangan sumber daya (potensi) kaum muda agar menjadi warga Negara yang berkualitas yang mampu memberikan sumbangan positif dan kedamaian masyarakat.
Kepramukaan merupakan pelengkap pendidikan disekolah dan pendidikan dalam keluarga dengan demikian kegiatan pramuka gerakan pramuka mewadahi dan mengisi kebutuhan peserta didik yang tidak terpenuhi pada kedua pusat pendidikan tersebut. Melalui kepramukaan peserta didik akan menemukan dunia lain diluar ruang kelas (sekolah), mereka saling bertukar pendapat, pengetahuan pengalaman dan keterampilan serta terus menerus dan berkesinambungan dalam proses pendidikan. Kepramukaan mengembangkan pengetahuan yang telah dimiliki peserta didik, mengembangkan minat melakukan penelitian untuk mendapatkan temuan-temuan pengembangan kreativitas dalam bidang teknologi maupun social budaya, pengembaraan/penjelajahan serta pengabdian masyarakat.